Share this on:
 E-mail
242
VIEWS
0
COMMENTS
 
SHARES
About this iReport
  • Not vetted for CNN

  • Click to view beritabisnis's profile
    Posted July 5, 2012 by
    beritabisnis
    Location
    jakarta, Arkansas

    More from beritabisnis

    Pembatalan Lelang Aset PT Benua Indah

     
    PENGUMUMAN PENTING

    TANGGAPAN ATAS RENCANA LELANG ASET BENUA INDAH GROUP DIVISI PERKEBUNANTERKAIT PUTUSAN PENGADILAN TATA USAHA NEGARA NOMOR 16/G/PEN/2012/PTUN/PTK YANG MEMBATALKAN RENCANA LELANG KPKNL PONTINAK

    Nomor : 01/B/HC/VI/2012

    Menunjuk Pengumuman Lelang NOMOR: PENG-15/WKN.11/KNL.01/2012 yang dimuat di Surat Kabar Harian Pontianak Post yang terbit pada hari Rabu, 28 Juni 2012 maka dengan ini kami tegaskan, untuk dan atas nama klien kami PT Subur Ladang Andalan, PT Antar Mustika Segara, PT Bangun Maya Indah, PT Duta Sumber Nabati dengan ini kami menyampaikan :



    Bahwa di Harian Pontianak Post tanggal 13 Juni DAN 28 JUNI 2012 terdapat iklan tentang Pengumuman Lelang Kedua Nomor : PENG-15/WKN.11/KNL.01/2012 yang dikeluarkan oleh Kepala KPKNL Pontianak.
    Bahwa saat ini PT. BAPINDO sudah dimerger kedalam PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk; sehingga PT. BAPINDO dalam hukum sudah tidak ada lagi dan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk statusnya adalah Perusahaan Terbuka atau Badan Hukum yang mempunyai kekayaan sendiri; sehingga piutangnya dari Benua Indah Group yang diserahkan kepada KPKNL Pontianak untuk dilelang adalah piutang Badan Hukum bukan lagi Uang Negara
    Bahwa dalam ketentuan UU RI No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas; maka KPKNL Jakarta I sama sekali tidak mempunyai hak atau wewenang untuk melaksanakan Lelang terhadap asset milik Benua Indah Group; karena yang berwenang melakukan lelang adalah Pengadilan Negeri; karena itu Lelang yang dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2012 tidak sah/batal demi hukum.
    BAHWA PUTUSAN PENGADILAN TATA USAHA NEGARA PONTIANAK NOMOR 16/G/PEN/2012/PTUN/PTK MENETAPKAN KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG JAKARTA 1 DAN PONTIANAK UNTUK MENUNDA DAN MENANGGUHKAN PELAKSANAAN LELANG ASET MILIK PT BENUA INDAH GROUP SAMPAI ADA KEPUTUSAN YANG BERKEKUATAN HUKUM TETAP .
    Bahwa lelang aset Benua Indah Group sudah dilakukan berulang kali oleh KPKNL namun selalu sepi dari peminat. Karena memang aset ini penuh dengan permasalahan.
    Bahwa dalam Pengumuman Lelang NOMOR: PENG-15/WKN.11/KNL.01/2012 yang dimuat di Surat Kabar Harian Pontianak Post yang terbit pada hari Rabu, 13 Juni 2012, Persediaan CPO termasuk salah satu aset yang akan di lelang. Perlu kami tegaskan bahwa CPO yang dimaksud bukanlah termasuk barang sitaan.
    Bahwa Mahkamah Agung sudah mengabulkan dan memenangkan Permohonan Peninjauan Kembali yang kami ajukan sebagaimana tertera dalam putusan Peninjauan Kembali Mahkamah Agung No.285 PK/Pdt/2010 tanggal 27 September 2010 .
    Merujuk pada Putusan Mahkamah Agung No.285 PK/Pdt/2010 maka kami akan segera melunasi kewajiban kami sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.
    Bahwa pembayaran hutang klien kami kepada Bank Mandiri merupakan pelaksanan putusan pengadilan, oleh karenanya harus dilaksanakan dalam koridor system peradilan yaitu melalui mekanisme pemanggilan dari Ketua Pengadilan negeri Jakarta Selatan untuk melaksanakan putusan dan bukan melalui lelang karena yang berhak melaksanakan eksekusi putusan pengadilan adalah pengadilan itu sendiri.
    Bahwa hingga saat ini, klien kami masih menunggu pemanggilan dari Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk pelaksanaan eksekusi dari isi putusan PK No. 285 PK/Pdt/2010 tanggal 27 Septrember 2010.
    Bahwa bahwa sejak tahun 2005 Bank Mandiri seharusnya telah mengkonversi hutang lahan untuk 3663 petani plasma. Lahan plasma tersebut sudah selesai dibangun oleh Benua Indah Group, dan berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 86 Pengembangan Perkebunan dengan pola PIR Trans, untuk kebun yang sudah selesai dibangun harus segera dikonversi kepada petani plasma.
    Bahwa dengan tertundanya konversi ini maka nasib 3663 petani menjadi terombang-ambing, padahal seharusnya mereka sudah mendapatkan lahan plasma. Perlu digaris-bawahi bahwa Benua Indah bukanlah institusi financial yang mempunyai kewenangan melakukan pembiayaan pembangunan perkebunan plasma.
    Bahwa aset Benua Indah Group yang berupa kebun kelapa sawit hampir 80 % sudah di kuasai oleh petani plasma akibat tidak dilakukannya konversi oleh Bank Mandiri sehingga akan sangat menyulitkan bagi siapa saja pemenang lelang.
    Bahwa Petani Plasma yang lahannya belum dilakukan konversi oleh Bank Mandiri telah mendaftarkan gugatan perbuatan melawan hukum kepada PT Bank Mandiri Tbk dan KPKNL Jakarta 1 dan Benua Indah Group di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atas tidak dilaksanakannya konversi lahan petani plasma.
    Bahwa Petani Plasma yang lahannya belum dilakukan konversi oleh Bank Mandiri telah mendaftarkan gugatan perbuatan melawan hukum kepada PT Bank Mandiri Tbk dan KPKNL Jakarta 1 dan Benua Indah Group di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atas tidak dilaksanakannya konversi lahan petani plasma.
    Bahwa gugatan perbuatan melawan hukum yang terregister dengan No Perkara 677/Pdt.G.2011/PN.JKT.Sel saat ini masih dalam proses persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
    Bahwa oleh karena itu rencana lelang yang akan dilakukan oleh KPKNL Pontianak pada tanggal 12 Juli 2012 adalah tindakan yang menyalahi peraturan perundang undangan yang berlaku dan oleh karenanya harus dibatalkan.
    Bahwa untuk itu kami mengingatkan kepada khalayak ramai agar tidak mengikuti lelang yang menyalahi peraturan perundang-undangan tersebut demi menghindari kerugian dan resiko tuntutan hukum dari pihak Petani Plasma dan klien kami baik secara perdata maupun secara pidana berdasarkan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.





    Jakarta 05 Juli 2012

    Kuasa Hukum PT BENUA INDAH GROUP







    (Habiburokhman,SH)
    • TAGS:

    What do you think of this story?

    Select one of the options below. Your feedback will help tell CNN producers what to do with this iReport. If you'd like, you can explain your choice in the comments below.
    Be and editor! Choose an option below:
      Awesome! Put this on TV! Almost! Needs work. This submission violates iReport's community guidelines.

    Comments

    Log in to comment

    iReport welcomes a lively discussion, so comments on iReports are not pre-screened before they post. See the iReport community guidelines for details about content that is not welcome on iReport.

    Add your Story Add your Story